Perkembangan Teknologi Komunikasi

Perkembangan Teknologi Komunikasi - Komunikasi merupakan kebutuhan hidup insan yang sangat penting. Kita tidak sanggup berafiliasi dengan orang lain di kawasan yang jauh bila tidak ada alat komunikasi. Berkomunikasi artinya memberikan maksud atau pesan kepada orang lain dan memahami maksud atau impian orang lain.Teknologi komunikasi berkembang dari yang sederhana ke teknologi yang modern.

 Komunikasi merupakan kebutuhan hidup insan yang sangat penting Perkembangan Teknologi Komunikasi

Ada dua jenis alat komunikasi, yaitu alat komunikasi masa kemudian (tradisional) dan alat komunikasi masa sekarang (modern).
1. Teknologi komunikasi masa kemudian (tradisional)
2. Teknologi komunikasi masa sekarang (modern)
    Teknologi komunikasi masa kemudian (tradisional) 
Pada masa kemudian sudah terdapat alat komunikasi. Alat komunikasi yang digunakan masih sangat sederhana. Bentuk alat komunikasi masa kemudian antara lain yaitu sebagai berikut:
a. Kentongan
Kentungan yaitu alat komunikasi yang terbuat dari bambu atau kayu berongga.alat ini digunakan dengan cara dipukul dengan memakai sebuah alat dari kayu. Kentongan berfungsi sebagai sarana komunikasi diantara penduduk desa. Kentongan digunakan contohnya untuk:
  • Memanggil warga desa melaksanakan kerja bakti
  • Memanggil warga desa biar berkumpul dibalai desa
  • Memeberitahu warga bila ada warga yang meninggal dunia
  • Memberitahu warga bila terjadi peristiwa alam, contohnya banjir, gunung meletus, kebakaran dan lain sebagainya.
b. Gong
Bandhe yaitu alat komunikasi berbentuk bulat terbuat dari besi atau perunggu. Pada masa kemudian bandhe digunakan oleh kerajaan untuk memanggil warganya.

c. Surat memakai daun
Surat atau goresan pena pada masa kemudian di tulis diatas daun lontar atau daun nipah. Selain daun, pada masa kemudian sudah terdapat surat yang ditulis pada kulit binatang.

d. Kurir
Kurir yaitu orang yang ditunjuk untuk membawa pesan khusus. Pesan khusus itu sanggup dalam bentuk surat atau lisan. Isinya biasanya yaitu pesan diam-diam antarkerajaan.

e. Tali Pohon
Cara ini digunakan pada masa penjajahan. Seutas tali yang panjang dibentangkan dari satu pohon ke pohon lainnya. Tali itu menjadi alat komunikasi dari satu kawasan pengintaian ke perkampungan. Di ujung tali diberi kaleng atau alat-alat bila ditarik akan mengeluarkan bunyi-bunyian. Bunyi-bunyian ini merupakan tanda ancaman bagi penduduk desa biar sanggup berlindung ke kawasan yang lebih aman.
    Teknologi komunikasi masa sekarang (modern) 
Pada masa kini, alat atau media komunikasi makin berkembang dan canggih. Beberapa media dan cara berkomunikasi masa sekarang diantaranya sebagai berikut :
a. Surat
Ada beberapa macam surat. Jika dilihat dari bentuk, isi, dan bahsanya, surat sanggup dibedakan menjadi tiga macam yaitu:
  • Surat langsung yaitu surat yang dibentuk oleh seseorang yang isinya menyangkut kepentingan pribadi. Misalnya antara orangtua dan anaknya yang pergi merantau.
  • Surat dinas atau surat resmi dibentuk oleh kantor pemerintahan dari tingkat terendah hingga pemerintah pusat.
  • Surat niaga dibentuk oleh para pelaku perdangan. Isi surat yaitu soal jual beli barang-barang.
b. Surat kabar dan majalah
Surat kabar dan majalah memuat isu atau informasi mengenai peristiwa-peristiwa yang terjadi diberbagai kawasan secara aktual. Selain itu surat kabar dan majalah sanggup digunakan sebagai sarana menambah pengetahuan serta hiburan.

c. Telepon/handphone/smartphone
Pesawat telepon pertama kali ditemukan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876 di Amerika Serikat. Telepon yaitu alat komunikasi jarak jauh. Cara menggunakannya cukup dengan menekan atau memutar nomor yang hendak kita tuju. Pesawat telepon mengalami perkembangan. Saat ini sudah banyak orang yang menggunakann telepon yang tidak berkabel yang dinamakan telepon genggam (handphone).

d. Radio
Radio pertama kali ditemukan oleh Guglielmo Marconi asal Bologna, Italia. Pada masa penjajhan dulu radio digunakan untuk mengobarkan semangat perjuangan. Sedangkan pada masa sekrang ini radio digunakan sebagai saran informasi dan hiburan.

e. Televisi
Kita sanggup memperoleh banyak sekali informasi, baik dari dalam negeri maupun luar negeri melalui tayangan televisi. Pasca dibangun Sistem Komunikasi Satelit Domestik (SKSD) Palapa, ekspansi jaringan penyiaran televisi menjadi makin luas. Stasiun televisi telah dikembangkan oleh pemerintah maupun swasta.

f. Internet
Saat ini sudah ada media komunikasi yang sangat canggih. Media komunikasi tersebut dikenal dengan istilah internet. Peralatan yang digunakan untuk berkomunikasi melalui internet yaitu komputer. Melalui internet kita sanggup berkomunikasi dengan orang lain di seluruh dunia. Kita juga sanggup membaca berita, mengirim  atau mendapatkan gambar, mengirim atau mendapatkan surat melalui email, facebook, twitter, chatting dan sebagainya.
Buat lebih berguna, kongsi:
close