Pengertian Keputusan Bersama

Keputusan ialah segala putusan yang telah ditetapkan atau disetujui. Siapa pun yang terikat dan terkait dengan hasil keputusan harus menaatinya. Sebuah keputusan dapat dibedakan yaitu keputusan langsung dan keputusan bersama. Keputusan langsung ialah keputusan yang dibentuk sendiri dan untuk kepentingan diri sendiri. Keputusan langsung hanya berlaku untuk diri sendiri. Contoh keputusan langsung dapat berupa baiklah atau tidak baiklah membeli barang atau hadiah yang akan diberikan dengan teman. Keputusan berangkat sekolah dengan berjalan kaki atau naik sepeda juga termasuk keputusan pribadi. Dapatkah kalian memberi teladan yang lain?

 Keputusan ialah segala putusan yang telah ditetapkan atau disetujui Pengertian Keputusan Bersama

Selain keputusan langsung ada juga keputusan bersama. Keputusan bersama ialah segala sesuatu yang telah disepakati bersama untuk dijalankan bersama. Keputusan bersama dibentuk jikalau keputusan tersebut menyangkut kebutuhan orang banyak. Hasil keputusan bersama menjadi tanggung jawab bersama. Jika tidak ditaati, akan mendapat hukuman yang sudah disahkan bersama juga.

Bacalah dongeng di bawah ini!
Ada sebuah sekolah SD yang terkena banjir. Walaupun banjir telah surut, tapi masih meninggalkan bekas lumpur. Meja, kursi, dan peralatan sekolah menjadi kotor dan penuh lumpur. Peralatan sekolah tersebut tidak dapat dipakai sebab kondisinya masih kotor. Untuk mengatasi hal tersebut, para siswa bermusyawarah dengan dipimpin guru. Dari musyawarah tersebut, diperoleh keputusan bersama. Mereka sepakat untuk membersihkan lingkungan sekolah dan bangku-bangku secara bersama-sama. Semua siswa melakukan hasil keputusan bersama dengan bahagia hati. Ada siswa yang mengepel kelas, ada yang menjemur buku-buku, ada pula yang membersihkan meja dan kursi dari lumpur. Mereka bekerja dengan penuh tanggung jawab.
Akhirnya mereka akibat bekerja bakti. Sekolah sudah menjadi lebih bersih. Buku-buku yang dijemur sudah mulai kering. Bangku dan kelas sudah tidak berlumpur lagi. Mereka dapat masuk kelas dan mulai berguru lagi.

Cerita di atas mengatakan bahwa seluruh siswa telah melakukan keputusan bersama.

Kita hendaknya menyadari bahwa keputusan bersama ialah untuk kepentingan bersama. Kesadaran untuk melakukan keputusan bersama sangat penting demi persatuan, kesatuan, dan kesejahteraan bersama. Oleh sebab itu, keputusan bersama yang diambil hendaknya sesuai dengan kehendak dan cita-cita bersama.
Buat lebih berguna, kongsi:
close