Inilah Khasiat Dan Cara Memasak Ikan Gabus Untuk Terapi Anak Autis

PAUD-Anakbermainbelajar---Sejak dahulu ikan gabus dipercaya memamiliki khasiat sebagai obat penyembuh. Karena itu selain sebagai penyembuh banyak sekali penyakit, ikan gabus juga dipercaya sangat cantik bagi ibu hamil dan menyusui juga untuk membantu terapi penanganan anak autis. Kandungan ikan gabus yang terdiri dari zat-zat dan gizi yang baik mengakibatkan khasiat ikan gabus begitu bermanfaat bagi penanganan anak autis atau autism. Protein albumin yang terkandung dalam ikan Gabus juga meningkatkan nilai kecukupan gizi yang dibutuhkan guna pertumbuhan dan perkembangan anak autis, itulah yang diperlukan dari sebuah proses terapi penanganan anak autis. (Baca juga khasiat dan kandungan Ikan Gabus di sini).

Terapi penanganan anak autis berdasarkan teori umum memang harus dilakukan secara berhati-hati, salah satu yang terpenting ialah menyangkut investigasi dan perbaikan sistem pencernaan anak autis semenjak dini. Dalam penanganan anak autis ada makanan-makan tertentu yang harus kita kurangi dan hindarkan dari anak, jikalau tidak ditangani semenjak dini maka akan berdampak pada kesehatan anak autis secara keseluruhan. Dari penelitian yang dilakukan terhadap para penyandang autis, diketahui bahwa kuliner yang mengandung gluten dan kasein kuat terhadap sikap autistik anak, ibarat flapping dan hiperaktivitas. Gluten ialah protein yang berasal dari gandum-ganduman, contohnya dari terigu. Sedangkan kasein berasal dari susu sapi. Berdasarkan hal tersebut maka para jago setuju bahwa seorang penyandang autism sebaiknya mengurangi bahkan menghindari gluten dan kasein ini. Karena diyakini dengan diet gluten dan kasein ini sanggup memperbaiki ganguan pencernaan anak penyandang autis dan juga bisa dilakukan untuk mengurangi tanda-tanda atau tingkah laris autistik yang ditujukan anak.

Karena itu proteksi masakan ikan gabus sangat baik untuk anak terutama yang sedang melaksanakan diet gluten dan kasein ini. Dengan cara memasak ikan gabus tepat, maka dagingnya akan sangat baik untuk terapi penanganan anak autis terutama anak dengan tipe Autis Bahavior Defensiveness yaitu tipe autis pada anak dengan sikap menghindar, susah makan dan malas mengunyah. Biar tak rentan kurang gizi, maka manfaatkanlah khasiat ikan gabus yang tekstur dagingnya lembut sehingga bisa terserap tubuhnya. Seiring dengan perkembangannya nanti barulah diberikan asupan nutrisi dengan daging yang bertekstur kasar.

Cara Memasak Ikan Gabus yang Aman untuk Anak Autis

Cara memasak ikan gabus yang kondusif ini dimaksudkan ialah memastikan bahwa materi pangan yang diolah dan disajikan pada ketika terapi penanganan anak autis ialah kondusif dan sehat alami sehingga tidak menjadikan imbas samping ibarat makin menumpuknya residu pestisida, logam berat dan sejenis dalam terusan pencernaan. Karena hal ini akan mengganggu proses detoksifikasi normal pada anak autis.

Penanganan anak autis sangat memperhatikan cara memasak ikan gabus maupun materi pangan lain alasannya mereka sangat rentan alergi maupun gangguan proses detoksifikasi serta sistem imun badan yang rendah (defisiensi imun).

Cara memasak ikan gabus yang kondusif untuk terapi penanganan anak autis ialah memastikan bahwa ikan gabus yang akan dimasak ialah bebas dari potensi racun pestisida, logam berat dan sejenis. Racun – racun tersebut bisa terbawa dalam badan ikan gabus yang dipengaruhi oleh cara budidaya ikan gabus, ternak ikan gabus, pakan ikan yang dipakai memakai zat – zat kimia atau tidak dan lain sebagainya. Terlihat penyediaan hidangan ini agak rumit, tapi memang kenyataan bahwa anak autis sangat rentan terhadap zat-zat yang merugikan ini. 

Berikut ialah cara memasak ikan gabus yang baik dan kondusif untuk anak autis:
  1. Potong – potong ikan gabus sesuai ukuran yang dikehendaki.
  2. Cuci belahan ikan gabus tersebut hingga bersih.
  3. Rendam beberapa ketika belahan daging ikan gabus yang akan dimasak (kurang lebih 10 – 15 menit) kemudian tiriskan. 
  4. Proses perendaman ikan gabus bisa dibarengkan dengan materi bumbu dapur, ibarat cabai rawit, cabai keriting, bawang merah, bawang putih dan lainnya, kecuali serbuk ibarat garam dan gula tidak perlu ikut direndam. Tujuannya sama supaya materi pangan yang diolah kondusif dan sehat buat penanganan anak autis.
  5. Raciklah hidangan masakan ikan gabus sesuai dengan resep hidangan kuliner sehat untuk anak autis maupun keluarga Anda.

Di kawasan tertentu ibarat di Kalimantan Selatan dan sekitarnya, ikan gabus atau ikan haruan gampang didapatkan, baik secara eksklusif (ikan gabus liar/dari alam) atau hasil budidaya yang didapatkan dengan membelinya di beberapa penjual ikan. Ikan gabus bisa saja eksklusif diolah , baik digoreng atau dimasak dengan cara lain. Tetapi jikalau anak tidak terlalu suka,ikan gabus juga bisa dijadikan kuliner aksesori atau camilan contohnya diubah menjadi kerupuk atau biskuit. Kita bisa juga mendapat ekstrak ikan gabus yang telah diolah menjadi produk kapsul obat yang banyak beredar dipasaran baik yang berbentuk kapsul, bubuk dalam bentuk kemasan/bungkus.

Demikian Khasiat ikan gabus dan cara memasak ikan gabus untuk terapi penanganan anak Autis, semoga artikel sederhana ini bermanfaat untuk bunda-ayah yang mempunyai bawah umur dengan tanda-tanda dan kecedrungan autis ini, terimakasih, Wassalam....
Buat lebih berguna, kongsi:
close